CARA MELAKUKAN OPTIMASI SEO ONPAGE

Untuk membuat halaman web yang dapat memenangkan hasil pencarian di Google, maka anda perlu memastikan bahwa halaman web anda memenuhi standar kualitas dari Google. Untuk melakukan itu, maka anda perlu mengetahu cara melakukan optimasi SEO onpage yang diperlukan.

Teknik SEO onpage adalah segala sesuatu yang bisa anda terapkan pada halaman web anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Teknik SEO onpage ini bisa anda terapkan pada dua bagian dari halaman web, yaitu bagian head dan body.

Bagaimana cara melakukan teknik SEO onpage ini dengan benar? Silahkan baca penjelasan di bawah ini.

OPTIMASI SEO ONPAGE PADA HEAD
Untuk melakukan teknik SEO onpage pada head, maka anda perlu mengenal dua elemen utama dari head, yaitu title tag dan meta description. Ini adalah dua elemen yang jika anda salah dalam penerapannya, maka SEO anda bisa menjadi sangat sulit sekali. Jadi harap diperhatikan dengan seksama.

Title Tag

title tag pada bagian head
Pastikan saat melakukan optimasi SEO onpage pada title tag anda menempatkan kata kunci utama pada bagian depan title. Jangan meletakkan brand yang mendahului kata kunci. Panjang dari title tag juga sebaiknya anda batasi hanya sampai 7 kata.

Untuk membantu anda mendapatkan jumlah klik dari Google, maka sebaiknya title ini anda tulis dengan menggunakan huruf besar semua. Jangan sampai anda melakukan kesalahan dengan memasang terlalu banyak kata di dalam title tag ini karena "rakus" ingin menguasai banyak kata kunci.

Semakin banyak kata, maka semakin kecil poin yang didapatkan masing-masing kata. Hasilnya anda malah akan semakin sulit menguasai semuanya.


Meta Description

meta description dengan kata kunci sekunder
Ini adalah elemen yang bisa anda maksimalkan jika anda ingin menguasai lebih banyak kata kunci. Anda bisa memasukkan elemen-elemen kata kunci sekunder pada meta description, hingga mencapai sekitar 150 karakter.

Yang dimaksud dengan kata kunci utama, adalah kata kunci yang dirasakan persaingannya sangat besar sehingga memerlukan poin lebih. Sedangkan kata kunci sekunder tentunya adalah yang persaingannya lebih rendah dan hanya memerlukan poin yang kecil.

Jika anda bisa memaksimalkan title dan meta description ini, maka peluang anda untuk memenangkan lebih banyak kata kunci akan menjadi semakin besar.


OPTIMASI SEO ONPAGE PADA BODY
Ini adalah optimasi yang perlu anda lakukan untuk memastikan apa yang sudah anda ubah di head tadi menjadi relevan dengan apa yang anda tayangkan di halaman web anda (tampilan browser). Teknik SEO onpage ini mungkin bisa jadi sedikit rumit jika sampai diperlakukan perbaikan pada kode-kode HTML halaman.

Memperbaiki Struktur Halaman
template blog responsive untuk layar gadget
Dari apa yang diamati oleh banyak pelaku SEO; terlihat bahwa halaman web yang menempatkan posisi artikel semakin di atas halaman (lebih dulu dirayapi oleh robot) akan mendapatkan efek yang lebih baik. Jadi usahakan agar sidebar tidak lebih dulu dirayapi daripada kolom utama yang ditempati artikel.

Sedapat mungkin gunakan template dengan kolom-kolom yang responsive atau menyesuaikan dengan lebar layar gadget, karena saat ini ada banyak sekali pencarian yang dilakukan melalui gadget. Jika anda tidak memperhatikan faktor mobile friendly ini, maka website anda akan sulit tampil pada hasil pencarian mobile.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan" EmoticonEmoticon