5 Cara Profesional Muda Sukses Mengatur Keuangan

Bagi profesional muda, kebutuhan hidup akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, apalagi dengan pola hidup yang konsumtif. Manajemen keuangan menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan. Anda perlu memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu ketimbang kebutuhan lain yang sifatnya sementara.

Jika menyepelekan pengelolaan keuangan, apalagi kondisi keuangan Anda pas-pasan, bukan tidak mungkin Anda akan terjerat hutang. Bagi yang masih single mungkin beban ditanggung sendiri, namun yang sudah berkeluarga tentunya akan membebani banyak orang. Bukannya hidup bahagia, malah jadi merana.

Maka dari itu Anda perlu melakukan langkah cerdas dalam mengatur keuangan sedari muda, demi meraih sukses di masa sekarang dan masa depan. Langkah seperti apa yang perlu dilakukan, berikut tahapannya:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Untuk apa uang Anda? Untuk apa tabungan Anda? Anda harus memiliki jawaban atas dua pertanyaan dasar tersebut. Dengan memiliki tujuan yang jelas tentunya akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Anda akan termotivasi untuk melakukan pengaturan keuangan yang tepat demi meraih tujuan dan impian Anda.

2. Rencana Pengeluaran dan Catat

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, biaya rumah tangga, dan transportasi. Adapula tabungan, pembayaran utang, dan kebutuhan opsional seperti hiburan dan jalan-jalan. Mulailah dengan mencatat pengeluaran sesuai pembagian pos masing-masing.

3. Lakukan Perbandingan Harga Barang

Kini, banyak toko yang menjual barang yang sama dengan kualitas yang juga sama namun dengan harga yang berbeda. Nah, Anda tinggal rajin membuka website toko online maupun mencari promo-promo yang menarik.

Selisih harga seribu saja memiliki pengaruh yang besar. Hal ini dapat membuat Anda menjadi setia dengan satu toko dan memudahkan pembelian barang di kemudian hari.

Baca juga:
Penghasilan Tidak Tetap ? Siasati Keuangan dengan 5 Cara Ini
Tips 3 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karir
3 Cara Hebat Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan" EmoticonEmoticon