10 Tips Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi Dengan Tepat

Kita sebagai orangtua, sebaiknya sejak dini sudah mengenalkan peranan dan manfaat teknologi, misalnya dalam penggunaan komputer atau gadget kepada anak. Sebab, saat ini banyak anak yang berusia dua tahun sudah mahir bermain gadget. Agar penggunaan gadget tidak berdampak negatif, maka anak perlu memiliki role model yaitu orangtua dalam memakai teknologi yang baik dan tepat. Berikut ini adalah 10 cara pemakaian gadget yang bijak dan tepat untuk anak, menurut Roslina Verauli, M.Psi, psikolog anak.

1. Alokasikan Waktu Untuk Bermain Teknologi
Teknologi merupakan sarana pendidikan dan hiburan yang diminati anak. Nah, sebaiknya Anda bisa menyisipkan kegiatan bermain dengan perangkat teknologi dalam keseharian anak dan mengajarkan anak tentang cara-cara baru untuk berinteraksi misal dengan chatting atau bermain sosial media sambil bersilahturahmi dengan sanak saudara.

2. Variasi Adalah Kunci
Jangan hanya menambahkan aplikasi permainan di perangkat teknologi yang ada di rumah. Sangat penting, untuk Anda bisa memberikan variasi yang bisa memperluas wawasan anak. Anda bisa mengunduh aplikasi seperti pengenalan warna, bentuk dan puzzle untuk membantu perkembangan dan meningkatkan pengalaman anak. Anda juga bisa memberikan jadwal kegiatan anak, misal sore hari berolahraga, siang hari bermain dengan perangkat teknologi dan malam hari membaca buku. Karena anak membutuhkna variasi dalam aktivitas sehari-harinya.

3. Rangsangan Kognitif
Agar kegiatan bermain dengan perangkat teknologi menarik, Anda bisa memanfaatkan dengan mengunduh cerita dari internet. Membacakan cerita kepada anak dengan ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan tokoh dalam cerita. Dengan begitu, maka secara tidak langsung Anda sudah meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir kreativitas, memecahkan masalah  dan tentu saja belajar mencerna informasi dengan baik dan benar

4. Lakukan Sesuai Porsi
Boleh saja mengenalkan kemajuan teknologi tapi yang perlu ditanamkan kepada anak bahwa tidak bisa anak terus menerus bermain dengan komputer atau laptop. Anak juga harus diselipkan dengan kegiatan membaca dan berolahraga.

5. Pahami Dasar Teknologi
Sangatlah penting bagi orangtua untuk mengikuti kemajuan teknologi, Karena tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak terekspos dan berinteraksi secara aktif dengan teknologi. Jadi sebaiknya kamu juga terlibat saat bermain komputer.

6. Membuat Aturan dan Batasan
Fungsi pengawasan orangtua atau parental control sangat penting karena bisa membantu Anda untuk mengawasi aktivitas, online anak. Fitur parental control ini bisa membantu mengatur batasan penggunaan komputer termasuk keamanan saat anak menggunakan internet. Parental control juga membantu untuk membatasi berapa anak anak memakai komputer serta permainan apa saja yang digunakan selama bermain dengan perangkat teknologi.

7. Belajar Bersama
Perangkat teknologi yang dimiliki di rumah bisa menjadi sarana pendidikan yang baik. Anda bisa memadukan permainan komputer dengan menambahkan interaksi saat bermain. Kegiatan bermain dan belajar bersama ini juga bisa membuat pengalaman belajar yang menyenangkan, sehingga anak tidak bermalas-malasan saat diajak belajar.

8. Mengasah Kemampuan Motorik Anak
Kegiatan menekan tombol, menyentuh layar dan menggerakkan mouse atau keypad ternyata bisa memberikan sensi pada anak. Si kecil bisa mendapatkan pengalaman baru, seakan-akan melukis dengan jari. Gerakan-gerakan saat anak bermain komputer atau laptop juga melatih ketajaman kordinasi mata dan tangan. Tambahkan permainan seperti menangkap bola, mengikat tali sepatu dan menyusun puzzle dalam perangkat teknologi di rumah.

9. Ajarkan Tentang Sebab dan Akibat
Anak-anak, terutama balita sangat senang melihat benda yang bergerak, menekan tombol. Nah, Anda bisa mengajak anak untuk bermain komputer bersama dengan melatih jari anak untuk menekan tombol dan menggerakan mouse dan menjelajah dunia maya. Lihat bagaimana ekspresi anak saat melihat gambar yang menarik. Tentunya anak akan senang dan berseru, “ Wow, terjadi sesuatu!”. Karena anak beranggapan, sangat ajaib hanya dengan menggerakkan mouse maka keluar gambar.

10. Menjauhkan Gadget Dari Jangkuan Anak
Setelah membuat kesepakatan tentang aturan bermain gadget, maka anak bisa dilatih untuk berdisplin untuk mematuhi kesepakatan. Jika bukan saat bermain dengan laptop atau gadget, maka anak tidak boleh merenggek untuk bermain dengan perangkat teknologi tersebut. Kamu juga harus tegas kepada anak, caranya sebaiknya setelah bermain, simpan perangkat teknologi dari jangkuan anak. Jangan sampai layar laptop kamu menjadi ajang untuk anak mencorat-coret dengan pensil warnanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan" EmoticonEmoticon