7 Cara Ampuh Memaksimalkan SEO Blog & Website

Sebagai seorang blogger tentu kita menginginkan yang terbaik untuk Blog kita, salah satunya adalah untuk menjadi ranking 1 di Google, bukan begitu ? namun, masalahnya adalah untuk mencapai hal tersebut bukanlah hal yang mudah, seperti yang kita semua ketahui bahwa ilmu atau Teknik SEO tidak ada satupun yang berani menjamin bahwa Blog atau Website kita akan lansung meroket ke halaman 1 Google.

Saya rasa itu wajar, karena memang sejauh yang saya tahu SEO itu bukan ilmu pasti, artinya Anda tidak bisa mengklaim bahwa Teknik SEO yang Anda gunakan yang terbaik, dan juga tidak ada jaminan teknik SEO tersebut akan terus menjadi yang terbaik, mengingat Google tak pernah berhenti mengupdate Algoritma mereka menjadi lebih baik.

Namun, meski SEO bukan ilmu pasti, tetapi kita bisa melakukan eksperimen untuk mencari tahu 'apa sebenarnya yang dimau' oleh Google dan Search Engine lain, dan eksperimen ini bisa Anda lakukan sendiri, atau membaca eksperimen orang lain seperti di Moz, dan situs SEO lainnya.

Dan disini saya akan mencoba merangkum Cara SEO apa saja yang terampuh, total ada 7 Poin yang akan saya informasikan kepada Anda. Ketujuh poin yang saya maksud tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Backlink
  2. Interlink
  3. Robots.txt
  4. Content
  5. RSS Feeds
  6. URLs
  7. Page Speed
Saya yakin sebagian dari Anda mungkin sudah sangat familiar atau paham betul dengan ketujuh istilah diatas, namun untuk Anda yang masih sedikit bingung, maka saya akan menjelaskan secara detail untuk Anda.

Backlink

Apa itu Backlink ? jika diartikan secara harfiah, maka Backlink mempunyai arti Link Kembali, namun dalam dunia SEO kita mengartikannya sebagai Link yang dari luar situs yang sangat ampuh untuk meningkatkan posisi suatu Blog & Web di SERP.

Namun perlu dicatat, bahwa tidak semua Backlink itu baik, sama seperti manusia, Backlink juga ada yang buruk atau jahat. Dimana jika kita salah memilih Backlink yang buruk, maka Posisi blog bukan meningkat justru bisa berpotensi untuk turun.

Cara Memaksimalkan SEO Backlink

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara membedakan link yang baik dan buruk ? dan bagaimana cara mencari link yang baik ? semua pertanyaa tersebut bisa Anda dapatkan jawabannya di artikel Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas karena di artikel tentang backlink tersebut, saya sudah mengupas tuntas tentang bagamana cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan natural di mata Google.

Interlink

Interlink tak jauh berbeda dengan Backlink, konsepnya sama hanya tempatnya peletakkannya saja yang berbeda, dimana Backlink adalah link yang diletakkan di luar situs, sementara Interlink adalah link yang berada di dalam situs atau artikel.

Entah sudah berapa kali saya mengatakan bahwa 'Interlinking itu Penting !'

Cara Memaksimalkan SEO Interlink

Karena akan ada 3 keuntungan yang kita dapat :
  • Memperkecil Bounce Rate
  • Meningkatkan Pageview
  • Meningkatkan PA (Page Authority)
Dan satu lagi Interlink bisa dibilang sebagai Link yang berkualitas, karena berasal dari dalam artikel, ini jelas berbeda jika kita mencari Backlink di luar sana, yang notabenya berasa dari kolom komentar. 

Robots.txt

Untuk pengguna wordpress saya rasa tidak akan mengalami masalah dengan Robots.txt karena sudah ada banyak plugin untuk mengatur hal tersebut, namun untuk pengguna Blogspot seperti saya, maka kita perlu sedikit mengatur Robots.txt (default) agar menjadi lebih SEO Friendly.

Untuk meningkatkan robots.txt silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. 1.Masuk dashoard Blogger
    Silahkan masuk ke Dashboard blog yang ingin Anda ubah robots.txt
  1. 2.Klik Preferensi Penulusuran
    Masuk dulu ke Tab Setelan, lalu pilih atau klik Preferensi Penulusuran.
  1. 3.Masukkan kode berikut ini
    User-agent: *
    Disallow: /?=1
    Lihat gambar dibawah, agar lebih jelas.

Sedikit penjelasan tentang syntax (atau apalah namanya) robots.txt diatas, bahwa disana tertulis disallow, itu adalah sebuah perintah untuk Bot atau Spider Google agar tidak merayapi atau mengindeks url tersebut, karena jika tetap diindeks mungkin akan berpotensi duplicat content, meskipun belum terbukti benar namun jauh lebih baik mencegah.

Content

Content atau isi (artikel) yang SEO adalah yang mengandung 3 Unsur, yaitu Text, Image dan Video (optional). Namun bukan berarti Artikel yang tidak mengandung ketiga unsur diatas tidak SEO, bukan seperti itu, tapi ini lebih seperti jauh lebih baik jika di dalam artikel yang Anda buat disertakan pula penunjang seperti gambar maupun video pendukung.

Selain itu jumlah kata, dan kepadatan kata kunci adalah faktor utama SEO On-Page, artinya jumlah dan penempatan kata kunci sangatlah menetukkan posisi atau ranking halaman tersebut di Google.

Satu hal yang perlu dicatat adalah Google tidak pernah meranking sebuah situs dari banyaknya kata kunci yang ada di artikel tersebut. Ini jelas menjadi tamparan keras bagi Anda yang suka menuliskan kata kunci di awal paragraf, jujur sebenarnay itu tidak perlu, dan bahkan hanya akan membuat artikel Anda terkesan keyword stuffing yang bisa berdampak pada dikenakannya Penalty dari Google.

Artikel berkualitas bukan hanya disukai Pengunjun tetapi juga Google, silahkan baca panduan lengkapnya disini Cara Membuat SEO.

RSS Feeds

Feeds singkat atau penuh sebenarnya sama saja jika dilihat dari segi SEO, namun jika dilihat dari segi Subcribers maka itu akan jauh berbeda, dimana Feeds yang penuh lebih disukai oleh subcribers ketimbang yang singkat.

Namun ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan Feeds penuh diantaranya adalah :
  • Berpotensi untuk di scrap
  • Rawan di copy paste
  • Siap jika pengunjung beralih ke feeds ketimbang membaca di blog
Ketiga hal tersebut harus Anda pertimbangkan dengan matang, jika Anda siap maka silahkan Anda gunakan RSS Feeds yang full, namun jika tidak silahkan ubah menjadi Feeds yang singkat, untuk Blogger caranya adalah dengan masuk ke Dashboar > Setelan > Lainnya.

URLs

Hal yang terlihat sepele namun sebenarnya cukup ampuh untuk meningkatkan SEO suatu halaman artikel Blog / Web, ya dia adalah URLs.Penulisan URLs yang baik adalah yang menggunakan kata kunci, dan bukan huruf atau symbol seperti tanda tanya dan sebagainya.
Contoh URLs yang SEO : http://sutristianlink.blogspot.co.id/search/label/SEO
Contoh URLs yang kurang SEO : sutristianlink.blogspot.com/?p=10
Terlihat jelas bukan mana yang lebih enak dibaca ? untuk pengguna Blogger / Blogspot mungkin sudah dimanjakan dengan fitur otomatis yang ada, tetapi untuk pengguna Wordpress yang saya dengar sepertinya perlu di setting.

Page Speed

Page Speed atau kecepatan situs yang ringan akan membantu suatu Blog tau Website untuk lebih cepat terindeks di Google. Namun bukan berarti indeks yang cepat akan membuat ranking kita naik, bukan seperti itu cara kerjanya, kecepatan situs mungkin memang tidak berpengaruh langsung kepada Ranking suatu blog (hanya kecepatan pengindeksan saja). Namun jika Anda sedang menulis artikel musiman maka Indeks yang cepat akan sangat membantu Anda untuk menempati ranking 1 Google, jadi istilahnya sebelum situs kompetitor terindeks, web atau blog Anda sudah diindeks terlebih dahulu.

Jadi pesan saya tetap perhatikan kecepatn situs Blog atau Website Anda, usahkan pengunjung nyaman saat mengaksesnya (tidak berat) dan copot saja widget yang dirasa tidak diperlukan (widget hiasan). Sebagai pertimbangan Anda bisa mencoba PageSpeed Insights.

Cara Memaksimalkan SEO Blog & Website yang saya berikan diatas, juga sudah saya terapkan di blog http://sutristianlink.blogspot.com ini dan hasilnya sangat ampuh, dimana beberapa kata kunci dengan tingkat persaingan sedang berhasil saya taklukkan, saya rasa cukup sekian dari saya, ingat setelah membaca jangan lupa untuk mempraktekkannya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan" EmoticonEmoticon